Kulit yang sedikit keriput sudah menghiasi wajah seseorang yang aku sayang. Ia adalah seorang perempuan dan lelaki sejati yang aku miliki dan aku banggakan. Ya, kedua orang tuaku merupakan inspirasi for repairing my life. Sering mereka berkata, “Mudah-mudahan kamu tidak hidup seperti kami (bapak-ibu, red).” Kalimat tersebut seolah mampu membangkitkan semangatku untuk merubah kehidupan menuju yang lebih baik. Ya, meskipun harus kerja keras sana-sini.  Mereka pun jarang mengeluh atau mungkin memang mengeluh dan aku yang tak mengetahuinya. Orang tua yang begitu menyayangi anaknya, sampai-sampai mereka rela menyembunyikan keluh kesahnya agar aku tak putus asa dan khawatir memikirkan mereka. They do it for my life. Expecting I could achieving my dreams.

We know that life isn’t simple. Many challenge that sometimes make us lazy to pass it. But we must pass it as a process. Working hard is needed to reach all of our dreams.

Memang aku belum bisa berbuat banyak untuk saat ini. Aku melalui hari-hariku bersama sinar mentari yang tak henti-hentinya menghangatkan tubuh ini untuk belajar. Suatu ketika, pernah ada tawaran job yang datang padaku. Aku akan mencoba untuk part time dengan job itu, tapi mereka melarangku, bahkan memarahiku. Sebenarnya aku tahu kondisinya. Namun, itulah kegigihan yang mereka lakukan buatku. Yang harus aku lakukan adalah belajar dengan sungguh-sungguh for reach my dreams.

They always try to make my life isn’t lack of something. Yeah, that is the sacrifice of our parents. I believe that ur parents are also like that. They will do everything for the happiness of their children.

Namun, justru kita yang sering mengeluh dengan kegiatan kita. Padahal jika kita bandingkan dengan tanggung jawab mereka, tanggung jawab kita tidak ada apa-apanya. Ya, itulah sifat manusia yang terkadang kurang menyadarinya. Tak dapat dipungkiri, terkadang saya pun melakukan hal yang sama. But, we must know how to solve it. Ingatlah bahwa kita belum mampu memberikan apapun terhadap orang tua kita selain membuatnya susah. Sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk melakukan hal yang terbaik untuknya. Memang, mungkin mereka tidak meminta secara langsung kepada kita untuk membalasnya. Namun, alangkah baiknya ketika kita menyadari bahwa kita memiliki tanggung jawab terhadap mereka.

We must do the best for doing something. Don’t think about the result. Believe that the result will accompany about the something we’ve done before. If we do the best of us, the result will be the best. So change your life guys. It’s for your parents. Another happiness for them, except your success.